Rabu, 06 Februari 2013

Safety First: Jangan Taruh Sepatu di Bawah Jok Mobil!


Pengalaman memang guru yang sangat berharga. Sungguh bijaksana ungkapan tersebut. Sudah berkali-kali saya membuktikannya. Ungkapan tersebut memang benar adanya.
Magrib tadi, setelah mengikuti rapat LPj panitia Temu Alumni Unesa, ketika lewat jalan tol Surabaya–Sidoarjo, saya hampir mengalami kecelakaan. Gara-garanya, pengemudi di depan saya ngerem ndadak. Karena mungkin kurang konsentrasi, respons saya agak lambat. Hampir saja saya menabrak mobil depan saya. Alhamdulillah, untung saja tidak sampai terjadi.

Swifitie hitam adalah rumah kedua saya. Jok belakang dan bagasi pasti penuh dengan barang-barang pribadi saya. Misalnya, baju, sepatu, buku, makanan, minuman, dan lain-lain. Ya, karena mobilitas saya tinggi. Selain mengajar setiap hari, ada beberapa kegiatan di luar lain yang mesti saya lakukan, baik olahraga/nge-gym, nyalon, shopping, kegiatan sosial, maupun hangout dengan teman.
Jadi, saya mesti membawa dan menaruh semua perlengkapan (sepatu kerja, sepatu sandal, sandal, sepatu olahraga, baju ganti, baju seragam, keplek, dan lain-lain) di dalam mobil. Soalnya, kalau harus pulang dulu untuk berganti, pasti deh ogah keluar lagi. Mungkin, bahasa kerennya baiti jannati. Kalau sudah di rumah, malas keluar.
Kembali ke cerita semula. Sudah menjadi kebiasaan saya menaruh sepatu kerja di bawah jok sopir. Nah, tadi saya menaruh sepatu kerja di bawah jok mobil. Sebenarnya, sudah berkali-kali suami mengingatkan hal ini, ”Nek ndekek sepatu ojok nang isore jok sopir. Bahaya! Engko nek direm ndadak, sepatumu iso mlorot nang pedal rem! Engko gak iso ngerem loh, keganjel sepatu e!”
Biasanya, saya diam saja sambil berkata dalam hati, ”Halah mosok sih sampai bisa ngganjal rem”.
Namun, tadi, karena saya menginjak rem terlalu keras dan mendadak, barang-barang yang ada di atas jok jatuh semua. Tas, makanan, buku, laundry, dan lain-lain semuanya jatuh. Termasuk sepatu yang ada di bawah jok sepatu, melorot ke kaki saya yang lagi menginjak rem. Saya nggak bisa membayangkan seandainya pedal rem tidak bisa diinjak gara-gara terganjal sepatu yang melorot, naudzubillah. Alhamdulillh, Allah Mahabaik.
Ya, pelajaran berharga hari ini: ”Jangan menaruh sepatu/sandal di bawah jok sopir”. Meski anjuran ini tidak ada dalam peraturan lalu lintas, saya pikir penting juga untuk keselamatan. Saya berbagi kisah ini karena saya peduli.

Citra Garden, 4 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar